Tuesday, December 3, 2013

Panduan Interview Guide


tentunya kita sudah tak asing lagi kan dengan kata interview, atau banyak juga orang menyebutnya dengan wawancara. ya, hal ini banyak dilakukan oleh para guru, wartawan, dan lain-lain, untuk mendapatkan suatu informasi atau data mengenai suatu hal.

saya ingin berbagi ilmu tentang cara membuat interview guide terutama untuk penelitian kualitatif. Mungkin sebagain orang mengira cara membuat interview guide yang penting tahu tujuan penelitian langsung membuat pertanyaan. Padahal sebenarnya ada aturannya lhoo...

tentunya kita ingin hasil dari wawancara atau interview kita tadi berjalan dengan lancar kan. tidak tersendat-sendat di tengah jalan. nah hal ini sangat ditentukan oleh bagaimana kita membuat guide interviewnya. nah berikut saya sedikit akan memberikan cara bagaimana membuat guide interview.

langkah-langkah membuat guide interview:
1. tentukan tujuan dari interview kita
dalam hal ini, kita harus menentukan tujuan dari wawancara kita. misalnya hendak mencari data mengenai keluarga berencana ya kita ke puskesmas, bukan ke Kuburan donk pastinya

2. tentukan definisi konseptual atau operasional
apa itu definisi konseptual dan operasioal? definisi konseptual adalah batasan pengertian tentang konsep-konsep yang abstrak yang biasanya kita peroleh dari berbagai literatur salah satunya buku maupun kamus. definisi konseptual ini mempunyai sifat hipotetikal yang artinya suatu konsep yang didefinisikan dengan referensi konsep lain yang memiliki manfaat untuk membuka pikiran kita dalam menentukan hipotesis.

sedangkan definisi operasional adalah suatu definisi yang berdasarkan pada karakteristik yang akan dan yang dapat di observasi dari apa yang sedang didefinisikan atau mengubah konsep yag berupa konstruk dengan kata-kata yang mengggambarkan keadaan objek yang dapat diamati dan diuji serta dapat di tentukan kebenarannya oleh orang lain.

definisi ini dapat disusun didasarkan pada operasi yang harus dilakukan. definisi ini digunakan untuk menjadi dasar dalam pengumpulan data sehingga tidak terjadi bias terhadap data apa yang diambil.

Kalau saran saya Setelah menetapkan tujuan, mendefinisikan variabel secara teoritis dan operasional. Sebaiknya definisi teoritis diambil dari 1 tokoh saja. Sehingga penentuan indikator dan selanjutnya mengikuti teori 1 tokoh supaya nanti kedepannya kita tidak memiliki bandingan dengan teori lainnya supaya di akhir juga akan baik2 saja dan cepat selesai pastinya

3. Peneliti perlu menjelaskan teori tentang variabel secara singkat, jelas, dan padat. Disertakan pula indikator dari variabel. Misal, variabelnya mengenai pola asuh jadi kita cari salah satu teori mengenai pola asuh,maka kita cari salah satu tokoh teori yang menggunakan pola asuh,kita jabarkan teorinya,hal ini maksudnya adalah kita mempelajari isi teorinya supaya nanti di akhiur bias menentukan pertanyaan dan juga batasan pertanyaan.

Jika sudah kita lakukan pengungkapan data sehingga nanti akan memberikan kita kemudahan dalam menyusun daftar pertanyaan, Pengungkapan data ini berpedoman kepada teori yang dipakai.

4. Menentukan tehnik wawancara
Tehnik mah dilakukan subyektif tergantung nanti sikon juga dari narasumber dan juga pencari beritanya. Untuk tepatnya kita harus pandai dalam menentukan sikon supaya nanti ketika wawancara bias dengan mudah memperoleh informasi yang akan kita dapat.

5. Next adalah wawancara atau interview itu sendiri,untuk interview kita bias melakukan dengan siapapun,missal sesuai dengan contoh diatas jika kita akan membahas tentang pola asuh maka yang kita interview bias individu itu sendiri atau juga dengan orang tua,kerabat dan lain sebagainya,kalau bias juga termasuk dengan teman dekatnya

6. Menyusun daftar pertanyaan
Langkah terakhir adalah menentukan daftar pertanyaan,daftar pertanyaan sebaiknya berujuk pada indicator tokoh yang sudah dijabarkan pada tahap diatas sehingga nanti ketika saling bertanya jawab maka narasumber akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan

Semoga dengan sedikit tulisan saya ini ada manfaatnya buat para pembaca semua,terima kasih atas kunjungannya di blog saya.

0 komentar:

Template by:

Free Blog Templates