Teknologi merupakan segala suatu hasil budaya
(daya kreasi dan inovasi) manusia yang dapat mempermudah proses kehidupan
manusia. Informasi secara mendasar berarti data yang bermanfaat bagi pihak yang
membutuhkannya sedangkan data ialah Suatu bentuk fakta atau pengamatan yang
mewakili atau menggambarkan keadaan obyek. Obyek dapat berupa tempat, orang,
benda, dll. Data dinyatakan dengan nilai (angka, deretan karakter, atau simbol)
tetapi yang universal adalah yang berupa angka dan data dapat juga berupa hal-hal
yang sulit terukur; misal sifat, kondisi, situasi, ide, dll. Informasi
merupakan data yang telah diorganisasikan kedalam bentuk yang sesuai dengan
kebutuhan penggunanya
.
Jadi, yang dimaksud dengan Teknologi Informasi
(TI) adalah segala sesuatu budaya (daya kreasi dan inovasi) manusia yang
membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, pengelolaan dan menyampaikan
infomasi. Pada masa lalu Teknologi Informasi yang digunakan berupa
goresan/gambar, arsip, telegraf, dan lain – lain. Pada masa kini Teknologi
Informasi yang digunakan antara lain berupa komputer, faks, telekonferensi.
Tujuan Teknologi Informasi adalah
1.Memecahkan masalah,
2.Membuka kreativitas,
3.Efektivitas dan efisiensi.
Fungsi Teknologi Informasi itu sendiri adalah
1.Menangkap (Capture),
2.Memproses (Processing),
3.Menghasilkan (Generating),
4.Menyimpan (Storage),
5.Mencari Kembali (Retrieval),
6.MelakukanTransmisi (Transmission).
Keuntungan Teknologi Informasi : speed,
Consistency, Precision, Reliability. Teknologi Informasi bermanfaat dalam
Berbagai Bidang antara lain; Akuntansi, Finance, Marketing,
Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia.
Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia
untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber
daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya
begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya
dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan
Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan,
dan kesehatan.
a. Penerapan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan.
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para
usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha
merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan
Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja.
Misalnya penerapanEnterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah
salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam
perusahaan
.
b. Penerapan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Dalam dunia bisnis
Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara
elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah
perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
c. Penerapan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan.
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah
diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet
Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking
antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran
tagihan, dan informasi rekening
.
d. Penerapan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng
perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah
Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio
atau data, video atau data, audio atau video, dan internet. Internet merupakan
alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua
orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya
proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif
dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik
.
e. Penerapan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan.
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan
juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit
karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit
pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta
penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor
dalam tubuh pasien.
Terhadap Kehidupan Bermasyarakat
Proses penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika
Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar
pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam
penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal.
Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan
sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga
memperkenalkan dimensi baru ke dalam konsep pembagian masyarakat berdasarkan modal
budaya dan kelas sosial yang menstratifikasi masyarakat.
Michael Gurstein, (Gurstein, 2000),
mendeskripsikan masyarakat informasi dengan cara berikut: Masyarakat
Informatika adalah aplikasi teknologi informasi dan komunikasi untuk
memungkinkan proses masyarakat dan pencapaian tujuan masyarakat yang mencakup
pembagian digital di dalam maupun antar masyarakat. Masyarakat informatika
muncul sebagai kerangka untuk mendekati Sistem Informasi secara sistematis dari
perspektif masyarakat dan sejajar dengan Sistem Informasi Manajemen dalam
pengembangan strategi dan teknik untuk manajemen penggunaan dan aplikasi sistem
informasi masyarakat. Masyarakat informatika mengatasi hubungan antara teori
akademik dan penelitian, masalah kebijakan dan pragmatis yang timbul dari
puluhan ribu “Jaringan Masyarakat”, “Pusat Teknologi Masyarakat”, Telecentre,
Pusat Komunikasi Masyarakat, danTelecottage yang saat ini berada
secara global
.
Sebagai satu bidang akademik, masyarakat
informatika mengambil sumber daya dan partisipan dari serangkaian latar
belakang, termasuk Ilmu Komputer, Manajemen, Ilmu Informasi dan Perpustakaan,
Perencanaan, Sosiologi, Pendidikan, Kebijakan Sosial, dan penelitian Pedesaan,
Regional, dan Pembangunan
.
Sebagai suatu praktik, masyarakat informatika
merupakan kepentingan bagi mereka yang perhatian dengan Pengembangan Masyarakat
dan Ekonomi Lokal di Negara Berkembang maupun Maju dan memiliki hubungan dekat
dengan mereka yang bekerja di bidang-bidang seperti Pembangunan Masyarakat,
Pembangunan Ekonomi Masyarakat, Informatika Kesehatan Berbasis Masyarakat,
Pendidikan Dewasa dan Lanjutan
.
Masyarakat informatika adalah bagian dari
struktur masyarakat di dunia yang muncul dan memiliki peran di sejumlah tingkat
fundamental dalam masyarakat yang berkembang. Masyarakat informatika dapat
dideskripsikan sebagai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk
praktik masyarakat, yang didefinisikan oleh Glen (1993) sebagai Penyampaian
Layanan Masyarakat, dan Tindakan Masyarakat. Khususnya, Praktik Masyarakat
semakin dianggap fundamental untuk masalah-masalah sosial karena masyarakat di
suatu tempat menghadapi dunia perdagangan modern yang kurang menjadi subyek
Negara atau bangsa.
Komunikasi telah memainkan peranan penting
dalam mengembangkan dan mempertahankan kesehjateraan masyarakat secara
geografis sepanjang sejarah. Informatika Masyarakat adalah sebuah fenomena
terkini pada masyarakat jaringan modern, dapat dilacak pada pemrakarsa
komunikasi masyarakat akhir 1980 sampai awal 1990.
Sejak permulaan, tujuan utama teknologi
masyarakat adalah untuk menggunakan prasarana, aplikasi, dan layanan informasi
dan komunikasi untuk memberdayakan dan melestarikan modal sosial masyarakat
lokal (jaringan, organisasi, kelompok, aktivitas, dan nilai yang mendasari
kehidupan masyarakat).
Terhadap Pembelajaran di sekolah
Kita harus tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK
dalam hal pembelajaran tidak semudah dibayangkan.Perlu beberapa syarat yang
harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,diantaranya
:
a. Adanya
akses teknologi internet untuk guru maupun siswa,baik di dalam
kelas,sekolah,maupun lembaga pendidikan guru,
b. Adanya
materi yang bermutu bagi guru dan siswa,
c. Guru
harus harus produktif terhadap perkembangan TIK.
Selain itu,untuk menghindari pemanfaatan
teknologi yang kurang bermanfaat apalagi dalam hal negatif oleh siswa karena
pembelajaran TIK antar siswa dengan cepat maka mengarahkan pemanfatan TIK dalam
pembelajaran menjadi sangat penting sehingga siswa disibukkan dengan eksplorasi
subjek positif dalam penggunaan TIK.Bentuk nyatanya dapat berupa penugasan
pencarian artikel,sumber bacaan,atau pengiriman tugas(PR) melalui e-mail
Dan juga harus tercipta kemudahan akses internet di lingkungan
yang terkontrol seperti di sekolah atau rumah melebihi kemudahan akses di
tempat umum seperti warnet agar aktivitas on-line siswa lebih terkontrol.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :
a. Presentasi
b. Demonstrasi
c. Kelas
Virtual
Blog sekarang memang menjadi tempat bagi semua
orang seperti pelajar untuk munumpahkan semua ilmu dan aktifitas
sehari-harinya. Dengan menulis di Blog kita dapat :
a. Mengembangakan
kreatifitas kalian dalam menulis.Selain itu apabila tulisan kalian bagus maka
kita akan mendapatkan komentar sebagai bentuk penghormatan terhadap tulisan
kita,
b. Mempersiapkan
diri kita untuk bersaing di dunia global yang menuntut kita terjun dalam
teknologi, nah apabila kita terbiasa menulis di Blog maka kita akan terbiasa
menggunakan teknologi dalam menjalani kehidupan.
Dengan e-mail,kita bisa mengirimkan tugas yang
diberikan oleh guru tanpa harus bertatap muka langsung.Dan dengan menjelajah
internet,kita akan tahu banyak hal yang bisa di dapat melalui internet seperti
mencari artikel yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah.Ini semua
sangat menunjang sekali terhadap proses belajar di sekolah.
Dampak Positif dan Negatif Akibat Perkembangan Teknologi
Internet
Internet adalah jaringan komputer yang
terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini
meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan
memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar
komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang
dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak (dalam hal ini provider) harus memiliki program
aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di
akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet. Pihak yang telah tergabung
dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri (bagaikan nomor telepon) yang
dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk
menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet
.
Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan
teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang
dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan
komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat
jenis komputer itu sendiri. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah
dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan
jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai
jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu
saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun
negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di
bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan
internet.
Dampak Positif:
1. Internet
sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia
.
2. Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web –
jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling
bertukar informasi dengan cepat dan murah
.
3. Media
untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan
www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat
.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga
manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan,
kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan
sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran atau penjualan
.
Dampak Negatif
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi
bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs
menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya
dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak
luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini
atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi
tersebut.
4. Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja
dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam
dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan
dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi
adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode
Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka
dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang
tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi
keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya
situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari
pengunjungnya.
1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka
berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola
masyarakat dalam berinteraksi.
3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet
(kejahatan juga ikut berkembang).
4. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut
pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan
tersebut.
Refferensi :
0 komentar:
Post a Comment