Tuesday, October 9, 2012

belum selesai


BAB I
Penahuluan
A.     Laar Belaang Masalah
Dalam kelangsungan perkembangan dan pertumbuhan anak didik, berbagai pelayanan di selenggarakan. Masing-masing pelayanan itu memiliki peran yang sangat berguna dan bermanfaat untuk memperlancar dan memberikan beak positive dalam proses perkembangan anak didik, khususnya dalam bidang tertentu yang menjadi fokus pelayanan yang dimaksud. Sebagai contoh peran guru dalam pelayanan pendidikan adalah mengajar, mendidik dan membimbing para siswa untuk memperoleh ilmu yang bermanfat dan dapat menggapai cita-cita yang di inginkan.
Bimbingan dapat diartikan sebagai suatu proses pemberi bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan. Supaya individu yang dilakukan tersebut dapatmemahami dirinya sendiri sehingga dia sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secar wajar. Sesuai dengan  tuntunan dan keadaan lingkungan dsekolah, keluarga, dan masyarakat dan kehidupan pada umumnya.bimbingan pada umumnya membantu individu untuk mencapai perkembangan diri secara optimal sebagai makhluk sosial. ( Rochman Natawidjaja, 1987: 31).
            Para pakar bimbingan yang lain mengungkapkan bahwa bimbingan adalah suatu pemberian bantuan secara terus menerus dan sistematis dari pembimbing kepada yang dibimbing agar tercapai kemandirian dalam pemahaman diri, pengarahan diri dan perwujudan diri dalam mencapai tingkat perkembangan yang optimal dan penyesuaian diri dengan lingkungan. (Moh Surya, 1988:12)
Sedangkan konseling atau penyuluhan adalah suatu upaya bantuan yang dilakukan dengan empat mata atau tatap muka antara penyuluh dengan klien yang berisi usaha yang laras unik dan manusiawi yang dilakukan dalam suasana keahlian dan yang didasarkan atas norma-norma yang berlaku, agar klien memenuhi konsep diri dan kepercayaan diri sendiri dalam memperbaiki tingkah lakunya pada saat ini dan mungkin pada masa ynang akan datang.

0 komentar:

Template by:

Free Blog Templates