Sunday, March 3, 2013

Kebenaran yang belum tentu enak

Masih ingat waktu Sekolah Dasar dulu ada test dengan jawaban B atau S. Kata para teman-teman siswa (karena masih belum paham) B atau S itu singkatan dari Betul atau Salah. Dan Pak Guru waktu itu mengatakan kalau B atau S singkatan dari Benar atau Salah.


Setelah agak besar (sekarang udah agak tua) baru saya mengerti B atau S memang singkatan dari Benar atau Salah. Sekilas sama artinya antara Benar dan Betul. Tapi coba kalau kita tambahkan awalan dan akhiran ke – an. Jadinya Kebenaran dan Kebetulan, aHeHe hanya asal nulis saja lahhhrtinya jadi beda.

Waktu diberi soal ada 2 pilihan jawaban Kebenaran atau Kesalahan, bukan Kebetulan atau Kesalahan. Karena kita harus memilih kebenaran menurut pendapat masing-masing kita (ini negara demokrasi jadi masing2 boleh berbeda pendapat), dan bukan karena kebetulan yang tidak disengaja. Walaupun kadang kebetulan yang tidak disengaja, misalnya keberuntungan berpihak pada kita. Atau kebetulan (yang juga tidak disengaja) kita melakukan hal-hal yang tidak benar. Saya rasa semua orang ingin kebenaran bukan
kesalahan.

Jadi menurut anda apa itu B atau S?

Pernah makan Es Buah yang enak? Atau makanan enak lain sesuai kegemaran? Pasti pernah, bahkan yang lebih enak. Itu hanya sebagai contoh. Kalau dalam Matematika satu tambah satu sama dengan dua. Itu pasti dalam Matematika. Sekarang kita terapkan untuk Es Buah dan Nasi Goreng, enak tambah enak sama dengan gak karuan rasanya (he2x…). Tapi kalau semua bumbu mentah (yg gak enak) itu diolah dengan takaran yang pas dan dimasak dengan benar akan menghasilkan makanan yang enak.
Jadi belum tentu kan yang enak dan enak dicampur jadi enak, sama juga yang tidak enak dicampur dengan yang tidak enak belum tentu hasilnya tidak enak.
Kalau dua hal tersebut di atas digabung jadi satu, artinya bisa macam-macam:
• Kebenaran Yang Belum Tentu Enak
• Kebetulan Saja Enak
• Kesalahan Yang Enak, dll

 HeHe hanya sekedar berbagi tulisan
semoga bermanfaat

0 komentar:

Template by:

Free Blog Templates