Monday, September 24, 2012

Cara Melupakan Mantan

Au dapat buku menarik yang judulnya "What does it take to maintain love?"
Diantara isinya tips untuk melupakan mantan

Baik ataupun buruk sikap mantan kekasih kita, melupakan mereka bisa dikatakan bukan sebuah perkara yang mudah. Hal ini dapat disebabkan oleh dua hal.

Pertama adalah kita cenderung merasa kenangan yang kita miliki sebagai kenangan indah. Dengan kata lain, meskipun pada kenyataannya hubungan kita dengan mantan kekasih saat masih berpacaran tidak begitu indah, saat kita mengingat kenangan tersebut secara tidak sadar kita mengubahnya menjadi sesuatu yang indah.

Yang kedua adalah lebih mudah untuk menghubungi mantan kekasih kita dibanding mencari kekasih yang baru.  Menghubungi mantan kekasih hanya untuk ‘iseng’ juga bukan tanpa resiko. Seiring dengan berjalannya waktu, ingatan yang kita miliki akan kekasih juga sedikit banyak dapat membuat kita berpikir untuk berhubungan kembali. Jika kemungkinan itu memang ada, kita cenderung optimis bahwa kali ini hubungan itu akan berjalan dengan baik, tidak seperti sebelumnya. Hal ini muncul karena individu tanpa sadar menstimulus dirinya sendiri untuk belajar dari kegagalan dimasa lalu. Faktor tersebut ditambah dengan individu yang juga cenderung merasa bahwa kegagalan dimasa lalu merupakan akibat dari ‘keadaan’ (bukan karena kesalahan dirinya atau mantan kekasihnya) semakin membuat banyak dari kita cukup gigih mengejar kembali hubungan dengan mantan kekasih.

Namun demikian, statistik menunjukkan bahwa menjalin hubungan kembali dengan mantan kekasih (atau bahkan mantan suami / istri) seringkali tidak bertahan lama. Jika dikaitkan dengan penjelasan sebelumnya, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain adalah karena individu cenderung secara tidak sadar memiliki ekspektasi bahwa saat ini keadaan sudah berubah dan hubungan sangat mungkin menjadi lebih baik. Hal ini bisa saja berubah 180 derajat saat mengetahui bahwa meskipun banyak hal berubah masih terdapat beberapa hal yang memang tetap seperti sediakala, dan ini yang dapat menghalangi hubungan seperti dahulu.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, memang semakin mudah menemukan siapa saja diinternet, tidak terkecuali mantan kekasih. Terkadang sulit untuk tidak menahan diri mencari dan menghubungi mantan kekasih. Namun demikian, tentu saja hal ini tidak selalu berakhir baik, terlebih bagi mereka yang sudah memiliki kekasih. Jika dirasa sulit untuk tidak mencari / melihat kabar tentang mantan kekasih, cara yang bisa dilakukan adalah untuk terus meningkatkan rasa sayang dalam hubungan yang saat ini dijalankan. Untuk lebih jelasnya, cara meningkatkan kasih sayang bermacam – macam, diantaranya adalah:
  1. Mengetahui apa yang kita butuhkan dan membagi nya dengan pasangan. Meskipun mudah, hal ini hanya dilakukan segelintir pasangan. Banyak dari mereka tahu apa yang mereka butuhkan namun tidak disampaikan kepada pasangannya masing – masing dengan berbagai alasan seperti malu, tidak ingin ‘mengubah’ pasangan, atau pun takut ‘menyakiti’ pasangan. Dengan mengetahui hal yang dibutuhkan satu sama lain, proses komunikasi tentu akan menjadi lebih lancar, dan dengan lancarnya komunikasi maka sebuah hubungan akan menjadi lebih baik.
  2. Mendengarkan tanpa menghakimi. Banyak dari kita tanpa sadar sering ‘menghakimi’ apa yang dilakukan pasangan kita, mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan tidak baik tanpa mendengarkan terlebih dahulu alasan dibaliknya.
  3.  Memuji pasangan.
  4. Mengetahui bahwa dalam setiap hubungan, pasti terdapat ketidaksempurnaan.
  5. Berhenti menutup diri. Menutup diri banyak dilakukan individu yang tidak ingin ‘mengambil resiko’ membuka dirinya karena takut disakiti. Dengan membuka diri kita terhadap perasaan – perasaan yang kita rasakan dapat membantu meningkatkan keintiman kita dengan pasangan. Untuk individu yang masih terus terbayang mantan kekasihnya sehingga sulit memulai hubungan baru, dalam artikel Putus Cinta Bukan Akhir Dunia telah dijelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit hati karena gagal dalam hubungan asmara. Beberapa hal tersebut antara lain melalui sharing, berolah raga, relaksasi / meditasi, tidur cukup serta membayangkan melakukan dialog dengan mantan kekasih. Secara garis besar, sadar tidak sadar, banyak dari kita masih sering mengingat – ingat hubungan yang pernah kita lalui dengan mantan kekasih. Namun demikian, perlu ditanamkan bahwa waktu berjalan maju, tidak mundur, terus memikirkan masa lalu dapat menghalangi kebahagiaan kita saat ini dan kebahagiaan kita dimasa yang akan datang.

0 komentar:

Template by:

Free Blog Templates